Kumpulan Dokumen Instrumen Akreditasi BAN-PT


Instrumen Suplemen Konversi APT dan APS BAN-PT 2020

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi meliputi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh, serta program-program kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar.

BAN-PT memiliki tugas : Mengembangkan sistem akreditasi nasional, melaksanakan akreditasi institusi, melaksanakan penilaian kelayakan program studi/perguruan tinggi baru bersama Ditjen Dikti, memberikan rekomendasi dan evaluasi terhadap LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri), serta melaksanakan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun.

Sesuai dengan Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

ISK digunakan bagi BAN-PT untuk melakukan konversi:

  1. dari peringkat terakreditasi A ke peringkat akreditasi Unggul;
  2. dari peringkat terakreditasi B ke peringkat akreditasi Baik Sekali; dan
  3. dari peringkat terakreditasi C ke peringkat akreditasi Baik.
Instrumen Suplemen Konversi bisa di Download di Link Berikut ini:
Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-PT

Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 atau yang disingkat IAPS 4.0 merupakan instrumen akreditasi program studi terbaru yang berorientasi pada output dan outcome. IAPS 4.0 mulai berlaku efektif per tanggal 1 April 2019, sehingga usulan akreditasi yang disampaikan mulai tanggal 1 April 2019 sudah harus menggunakan IAPS 4.0.
IAPS 4.0 terdiri dari Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Akademik (LKA).

  1. Laporan Evaluasi Diri (LED) menggambarkan status dan analisis capaian dari masing-masing kriteria. Unit pengelola program studi diharapkan mampu mengenali kekuatan yang dimiliki serta aspek apa saja yang perlu diperbaiki.
  2. Laporan Kinerja Akademik (LKA) memuat capaian indikator kinerja program studi yang secara bertahap diintegrasikan dengan PD-DIKTI
Dokumen Instrumen Akreditasi Program Studi (APS) 4.0 BAN-PT dapat diunduh pada link berikut:
Sheet Pengusul APS 4_0 20200131
127.41 KB | 296 downloads
Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) 2021

Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) merupakan instrumen yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi peringkat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi. Pemantauan yang dilakukan oleh BAN PT terdiri dari 3 Tahap Pemantauan.

  • Pemantauan Tahap 1 dilaksanakan dengan mekanisme pemantauan data melalui PDDIKTI.
  • Pemantauan Tahap 2 dilaksanakan dengan mekanisme penyusunan Dokumen IPEPA oleh Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang mendapatkan status pemantauan tahap 2 oleh BAN PT.
  • Pemantauan Tahap 3 dilaksanakan dengan mekanisme visitasi lapang untuk memverifikasi secara langsung terhadap PT dan Program Studi yang mendapatkan status pemantauan tahap 3.

Panduan Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi bisa diunduh diLink berikut ini:

Panduan Pelaksanaan IPEPA:
Pedoman Pelaksanaan IPEPA:
IPEPA-PT Pedoman Penilaian PTA PTS
513.31 KB | 176 downloads
Form Isian IPEPA: